Saturday, August 6, 2016

Ritual 1 (membuka kap mesin)

Kita tentu mengerti bahwa teknologi mesin mobil saat ini masih memakai sistem pembakaran untuk menjalankan mobil, dan sudah hukum fisika dimana pembakaran akan selalu menimbulkan panas. Dan bukan rahasia lagi kalau panas yang berlebihan akan meniumbulkan kerusakan, dalam topik kali ini yang dimaksud adalah kerusakan "benda-benda" didalam sekitar mesin atau bahkan mesin itu sendiri. Yang saya maksud adalah kabel, selang, dan pernak pernik elektronik lainnya.



Ada ritual sederhana dimana kita bisa memperpanjang usia pakai benda benda tersebut dimobil kita, tak lain dengan membuka kap mesin setiap kali kita sudah mengemudikan mobil. Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi saya sendiri sudah membuktikan dengan cara ini pernak-pernik mesin mobil saya lebih awet. Penjelasannya tak lain dan tak bukan karena hawa panas yang dihasilkan oleh mesin akan lebih cepat terlepas dan tidak menumpuk dibawah kap mesin. Dengan lebih cepatnya hawa panas dilepaskan maka selang maupun kabel didalamnya tidak akan cepat getas. Ibaratnya bayangkan anda sedang banyak berkeringat setalah aktivitas berat, let's say berolah raga 3 jam non stop, tentu akan lebih nyaman jika kita membuka pakaian agar keringat cepat menguap.

Hal ini lebih membantu untuk mobil yang memiliki kapasitas mesin besar (biasanya mobil Eropa), contohnya mobil A berkapasitas mesin 1500cc 4 silinder dan mobil B lagi berkapasitas mesin 3000cc 6 silinder, Sudah jelas kalau pembakaran dimobil B lebih banyak dan panas yang dihasilkan pun lebih tinggi sehingga akan sangat membantu kalau kebiasaan membuka kap mesin sering dilakukan. Kriteria mobil B biasanya ada di mobil-mobil Eropa contohnya BMW, Mercedes Benz, dkk dan pemilik merek itu banyak yang mengeluh soal cepat getasnya selang maupun kabel dimesin mereka sehingga minta "jajan" melulu, memang banyak yang berpendapat kalau bahan yang digunakan di mobil Eropa tidak cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis, dan mungkin itu ada benarnya, tapi dengan sering membuka kap mesin saat mesin mobil panas, niscaya akan menepis anggapan tersebut.

Tentu saja hal ini tidak perlu anda lakukan setiap saat, cukup lakukan jika anda sudah sampai dirumah. Karena tidak lucu kalau anda sedang di pusat perbelanjaan dan anda membuka kap mesin selagi anda membeli kebutuhan anda, dan saat kembali ke mobil anda menemukan kalau aki, filter udara, lampu HID impor mahal anda raib.

Treat of your car as much as you want to be treated...

No comments:

Post a Comment